Hidup Sehat Dengan Tidak Merokok
Category

Hidup Sehat Dengan Tidak Merokok

Istilah “hidup sehat dengan tidak merokok” bukanlah istilah baru bagi kebanyakan orang. Kebanyakan orang akan tahu tentang dua istilah, kanker paru-paru dan kanker pankreas, yang sering dikaitkan dengan penggunaan tembakau. Namun, yang kurang diketahui adalah bahwa ada penyakit lain yang tidak terkait dengan tembakau yang merupakan akibat dari penggunaan tembakau jangka panjang. Kanker pankreas, misalnya, adalah salah satu kanker paling mematikan di antara semua jenis kanker. Inilah mengapa Anda harus mulai menjalani hidup sehat dengan tidak merokok.

  1. Kanker pankreas bisa sulit didiagnosis pada awalnya. Tanda pertama kanker pankreas biasanya kelebihan berat badan atau berusia lebih dari 50 tahun. Indikasi lain bahwa Anda mungkin menderita penyakit ini adalah bahwa Anda baru saja didiagnosis dengan salah satu jenis kanker di daerah ini. Jika Anda baru saja didiagnosis, kemungkinan besar dokter Anda akan mulai menguji Anda untuk salah satu dari kondisi berikut:
  2.  Kanker Ovarium. Ini adalah salah satu jenis kanker pankreas yang paling umum. Ini terjadi pada lapisan endometrium di dalam rahim. Ini juga disebut kanker sel endometrioid. Setiap kali sel dari ovarium bocor ke jaringan tetangga, ini dianggap sebagai salah satu kanker pankreas.
  3.  Endometrioma. Ini juga salah satu kanker paling umum di kalangan wanita. Ini terjadi umumnya pada wanita yang baru didiagnosis dengan endometriosis. Sel-sel endometrium juga dapat bermigrasi ke area lain dari tubuh, seperti paru-paru dan rongga perut. Kondisi ini disebut sebagai ablasi endometrium. Jika sel-sel di dalam endometrium bermigrasi ke paru-paru, ini disebut emboli paru dan berpotensi sangat berbahaya.
  4.  Kanker prostat. Pada pria, ini adalah salah satu kanker yang paling umum terjadi di tubuh. Kanker prostat adalah penyebab kematian nomor satu pada pria di Amerika Serikat. Diperkirakan kasus kanker prostat meningkat dua belas persen selama tahun 2021 saja. Ini berarti bahwa satu dari setiap dua belas pria di negara itu didiagnosis dengan penyakit ini.
  5.  Kanker pankreas. Jenis kanker ini sering menyerang orang-orang yang lebih tua dan berada di tahun-tahun reproduksi mereka. Kanker pankreas terjadi di pankreas, yang terletak di bawah perut. Sebagian besar kanker pankreas terjadi pada pria yang berusia di atas lima puluh tahun.
  6.  Kanker paru-paru. Ini adalah jenis kanker umum lainnya, yang telah menyerang banyak pria di negara ini. Jenis kanker ini sering menyerang perokok. Telah dilaporkan peningkatan kasus kanker paru-paru di kalangan wanita juga, yang mungkin disebabkan oleh metode deteksi yang lebih baik di area ini. Secara keseluruhan, tingkat kanker paru-paru telah naik empat persen di seluruh Kanada.
  7. Reaksi alergi. Orang yang rentan terhadap alergi mungkin berisiko terkena jenis kanker tertentu. Ada peningkatan kasus alergi yang dilaporkan pada pria dan wanita. Di antara wanita, laporan tersebut menunjukkan bahwa lebih banyak kasus kanker paru-paru terkait dengan merokok. Lebih khusus lagi, ditemukan bahwa di antara wanita yang merokok, sekitar delapan persen kasus disebabkan oleh perokok pasif. Jadi sementara perokok pasif tidak lazim di populasi umum seperti di kelompok lain, itu masih dapat menyebabkan masalah kesehatan di antara kelompok orang tertentu.
  8. Kanker prostat. Seperti disebutkan sebelumnya, telah terjadi peningkatan kanker prostat di antara pria, dengan sebagian besar kasus terkait dengan paparan asbes. Ini adalah salah satu kanker umum di antara pria dan gejala penyakit ini termasuk nyeri tulang dan masalah buang air kecil. Serat asbes telah dikaitkan dengan banyak kasus kanker prostat, jadi ini harus dipertimbangkan ketika mencari solusi yang mungkin untuk tidak merokok.
  9.  Kanker payudara. Salah satu kanker yang lebih umum di kalangan wanita adalah kanker payudara, yang menyumbang seperempat penuh dari semua kasus yang baru didiagnosis. Telah dicatat bahwa wanita di atas usia lima puluh empat hampir lima kali lebih mungkin didiagnosis dengan penyakit ini daripada wanita berusia dua puluhan atau tiga puluhan. Sementara usia memang membuat perbedaan dalam risiko kanker payudara, mereka yang memiliki riwayat penyakit dalam keluarga juga berisiko lebih tinggi.

Ini hanya dua dari kanker yang lebih umum di kalangan wanita. Tentu saja, jumlahnya akan jauh lebih rendah jika bukan karena kedua penyakit itu terjadi pada orang dewasa. Paparan asbes juga telah terbukti secara dramatis meningkatkan kemungkinan mengembangkan kedua jenis penyakit ini. Jadi, meskipun tidak merokok dapat secara drastis mengurangi peluang Anda terkena penyakit umum ini, tetap merupakan ide yang bijaksana untuk mencobanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *